Tukang Taman Jogja

Peran Tukang Taman Yogya Sangat Penting

Tukang taman Yogya  saat ini banyak dicari. Jasa pembuatan taman semakin banyak diburu untuk pengadaan dan pengelolaan taman. Baik taman untuk area rumah pribadi, gedung perkantoran, fasilitas publik maupun taman kota. Tukang taman bukan profesi yang bisa dikerjakan semua orang. Perlu keterampilan dan kreatifitas supaya menghasilkan taman yang indah.

Pesatnya pembangunan di daerah perkotaan semakin mempersempit area terbuka untuk masyarakat. Padahal area tersebut sangat dibutuhkan sebagai penyeimbang tatanan perkotaan. Bukan hanya gedung-gedung bertingkat dan area pemukiman saja, taman juga menjadi elemen yang harus ada agar lebih sehat dan bernilai estetika.

Arti Taman Bagi Masyarakat Jawa

tukang taman jogja

Taman sebagai unsur alami yang penting dalam rumah. Masyarakat Jawa umumnya membuat taman di depan rumah. Sebagai penyambutan tamu yang berkunjung, sebelum memasuki area rumah. Tanaman hijau, rumput dan tanaman bunga memberikan kesan segar dan indah yang akan memberikan kesan positif terhadap tamu yang datang.

Taman depan rumah yang asri dan sejuk memberikan kesan bahwa rumah tersebut ramah. Siapapun yang datang disambut dengan keindahan. Masyarakat Jawa juga umumnya suka beraktivitas di area depan rumah. Sekedar bersantai sambil menikmati hidangan ringan ataupun bercengkrama bersama tetangga sekitar. Taman dan teras tidak dapat dipisahkan.

Taman menjadi transisi antara rumah dengan lingkungan sekitar. Area taman umumnya dijadikan sebagai area hobi. Orang tua jaman dahulu sering memelihara hewan di area taman. Misalnya burung, ikan hias, ayam hias, kelinci dan sebagainya. Seolah ingin menunjukkan kepribadian pemilik rumah tersebut.

Tanaman hias, tanaman obat, koleksi bunga dan tanaman buah menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik rumah. Tanaman hias tertentu memiliki harga yang sangat tinggi selain keindahannya juga menambah prestise. Karena tidak semua orang memiliki jenis tanaman yang sama. Memiliki taman di depan rumah memberikan kepuasan bagi sebagian besar masyarakat.

Taman juga menjadi area spiritual. Taman yang sejuk dan asri menjadi tempat yang cocok untuk menyepi. Sekedar membaca kitab suci atau mempelajari buku-buku keagamaan. Orang jaman dulu bahkan melakukan ritual keagamaan di area taman. Karena areanya lebih luas dan terbuka serta nyaman digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan fokus.

Baca Juga >  Pentingnya Mengunakan Jasa Kolam Koi yang Berkualitas

Tanaman yang Sering Menghiasi Taman Depan Rumah

Tanaman yang sering menjadi penghuni taman di area rumah yang pertama tentu saja bunga. Tanaman bunga banyak dipilih karena keindahan warna-warninya. Menambah keceriaan di area rumah tinggal. Selain itu tanaman bunga umumnya tidak memakan banyak tempat. Ukuran tanamannya terbatas sehingga bisa ditanam dalam pot saja.

Karena ukurannya tersebut beberapa jenis bunga bisa ditanam dalam pot gantung. Tidak butuh ukuran pot besar, bunga tetap dapat hidup dengan baik selama perawatan dilakukan secara rutin. Salah satu contoh bunga gantung ini adalah anggrek. Tidak membutuhkan tanah untuk hidup jadi sangat mudah dan cocok ditanam secara gantung.

Bonsai. Tanaman khas Negara Jepang ini sangat populer dan makin banyak diminati. Ukurannya lebih kecil dari jenis tanaman aslinya. Dengan bentuk pohon yang lebih indah karena dibuat dengan teknik khusus. Berbagai macam tanaman bisa ditanam tanpa membutuhkan tempat luas dan media yang banyak. Cukup dalam pot kecil tanpa mengurangi keindahannya.

Palem adalah tanaman hias yang banyak dicari karena keindahan batang pohonnya. Tanaman palem ini digunakan karena penanaman dan perawatannya sangat mudah. Tidak membutuhkan banyak air. Mampu tumbuh tinggi sehingga bisa dijadikan naungan bagi tanaman-tanaman perlu lainnya yang ukurannya lebih pendek.

Bambu. Bukan bambu biasa umumnya yang ditanam adalah bambu rejeki atau bambu kuning. Bambu rejeki merupakan tanaman ornamen yang bisa dibentuk dan dikreasikan dengan berbagai model. Tanaman ini selain indah juga dipercaya mendatangkan kemudahan rejeki bagi pemiliknya. Bambu kuning memberikan kesan rindang pada rumah tinggal.

Tanaman buah dalam pot. Saat ini sangat populer dikalangan masyarakat. Banyak sekali orang yang ingin menanam tanaman buah namun terbatas lahan. Tabulampot menjadi solusi. Menanam tanaman buah cukup dalam pot tetapi mampu tumbuh dan berbuah layaknya tanaman aslinya. Selain dikonsumsi tabulampot juga menjadi tanaman hias yang tak kalah menarik.

Baca Juga >  Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun Untuk Outdoor

Model Taman Rumah

jasa taman Jogja

Tukang taman Yogya adalah orang-orang profesional yang mampu membuat taman sesuai dengan kondisi di lapangan. Untuk rumah yang masih tersisa lahan di teras sangat mudah untuk dibuat menjadi taman. Taman depan rumah bisa dikombinasikan antara tanaman hias dan batu-batuan. Menyesuaikan dengan kondisi sebenarnya di alam.

Indoor garden menjadi alternatif bagi rumah perkotaan yang tidak memiliki area terbuka di bagian depan rumah. Indoor garden umumnya terletak di samping atau belakang rumah. Sesuai namanya taman ini berada di dalam area rumah. Tanaman yang ditanam adalah tanaman perdu atau bonsai.

Vertical garden. Taman ini menjadi alternatif untuk rumah kecil yang lahannya sangat terbatas. Tanaman tidak ditanam di bawah menggunakan media tanah langsung. Tetapi ditanam dalam pot-pot yang disusun vertikal. Untuk taman jenis ini tidak bisa menggunakan tanaman berkayu. Terbatas hanya tanaman bunga atau daun hijau yang batangnya kecil atau sukulen.

Taman hidroponik. Solusi bagi yang ingin memiliki taman namun tidak cukup lahan dan media tanah. Teknik menanam hidroponik lebih bersih dan bisa dilakukan di mana saja di sudut rumah. Asalkan cukup pencahayaan matahari. Media yang digunakan adalah air, batu-batuan bersih, nutrijel, dan sebagainya.

Taman tropis. Seperti model taman di rumah-rumah khas Bali dan sunda. Banyak digunakan tanaman hijau. Untuk model lengkapnya biasanya ada kolam dengan air mancur atau air terjun mini. Dibuat semirip mungkin dengan keadaan lingkungan alam bebas. Dilengkapi gazebo mini untuk tempat bersantai.

Taman mediterania. Taman ini unik karena sedikit menggunakan tanaman hijau. Tidak seperti taman tropis pada umumnya. taman model mediterania lebih banyak menggunakan batu-batuan sebagai aksen khas. Tanaman yang digunakan juga tanaman yang tahan pada kondisi kering ekstrim. Sehingga taman ini sangat minim memerlukan perawatan.

Baca Juga >  Hidup Penuh Warna Dengan Tanaman Bunga

Baca Juga : https://halimtamanjogja.net/

Pentingnya Tukang Taman Yogya

Membuat taman yang indah dan sesuai dengan kondisi lahan yang ada tidak bisa asal jadi. Diperlukan bantuan tukang taman Yogya untuk mendesain dan membuat taman yang rapi. Sehingga tidak hanya tampak hidup tetapi juga mempunyai nilai estetika. Tukang yang lebih berpengalaman akan memberikan pilihan yang terbaik untuk pembuatan taman rumah.

Apalagi jika lahan yang tersedia sangat terbatas. Sebagai orang awam di dunia pertanaman pastinya tidak dapat memaksimalkan lahan yang ada. Tukang taman dengan kreatifitasnya akan dapat memanfaatkan setiap sudut ruangan untuk space tanaman. Pemilik rumah hanya perlu memesan sesuai dengan keinginan. Lokasi mana yang akan dijadikan taman.

Tukang taman yang berpengalaman dengan hasil pekerjaan yang indah dan rapi. Untuk keperluan pengadaan taman di rumah pribadi Anda, segera hubungi kami. Dapatkan konsultasi gratis dan desain menarik untuk keperluan taman sesuai keinginan. Tukang taman Yogya akan memberikan pelayanan terbaik dan hasil memuaskan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *