Jasa Tukang Taman

Perhatikan Ini Sebelum Menggunakan Jasa Tukang Taman Perkantoran

Pentingnya peran jasa tukang taman dalam membantu pembuatan taman di rumah atau perkantoran. Membuat taman di rumah sendiri mungkin bisa kita lakukan secara mandiri dan otodidak. Kualitas tidak menjadi soal karena yang menikmati adalah anggota keluarga sendiri. Dengan catatan kita memiliki banyak waktu luang untuk membuat dan merawatnya secara rutin.

Untuk keperluan perkantoran dan fasilitas publik, pengadaan taman umumnya diserahkan kepada jasa pertamanan yang ada di kota terdekat. Karena bukan hanya estetika yang diutamakan tetapi juga fungsi taman itu sendiri. Jasa tukang berpengalaman dibutuhkan mulai dari pembuatan taman sampai dengan pemeliharaan. Sehingga taman terjaga dan tetap indah.

Menentukan Kondisi Lingkungan Bagi Taman

jasa taman Jogja

Lingkungan tempat taman akan dibuat harus betul-betul disesuaikan dengan kebutuhan hidup tanaman. Hal ini menjadi keahlian khusus yang dimiliki jasa tukang taman. Untuk taman perkantoran umumnya sudah ditentukan area mana yang akan dibuat taman. Seorang tukang taman akan merancang taman sesuai kondisi lapangan. Termasuk memodifikasi iklim agar tanaman tumbuh optimal.

Pertama yang harus diperhatikan adalah suhu atau temperatur lingkungan. Secara umum tanaman akan mampu hidup dengan baik pada kondisi lingkungan dengan suhu 18C sampai dengan 23C. walaupun ada tanaman yang mampu tumbuh subur di lingkungan ekstrim, terlalu dingin atau terlalu panas. Karena umumnya perkantoran dibuat di pusat kota maka diambil rentang suhu ideal.

Jika keadaan area taman terlalu panas bisa dimodifikasi dengan menggunakan paranet. Sehingga intensitas cahaya matahari yang mengenai area taman bisa dikurangi. Sebaliknya jika kondisi area taman terlalu lembab dan dingin maka perlu dibuat atap terbuka atau untuk memberikan sirkulasi suhu ideal bagi tanaman.

Suhu lingkungan yang terlalu panas akan menyebabkan tanaman kerdil dan tidak subur. Untuk jenis tanaman tertentu bahkan langsung layu karena terjadinya penguapan air berlebih dari permukaan tanaman tersebut. Tidak semua tanaman bisa beradaptasi langsung dengan kondisi lingkungan yang panas. Akibatnya pertumbuhan tanaman tidak maksimal.

Baca Juga >  Ini Dia,Manfaat Memiliki Taman Di Rumah

Suhu yang terlalu dingin dan lembab dapat menyebabkan daun pada tanaman menguning. Sebagai tanda adanya kekurangan zat hijau daun. Suhu di bawah rata-rata bagi sebagian tanaman menyebabkan terhambatnya proses metabolisme. Selain itu kondisi yang dingin dan terlalu lembab adalah lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur dan bakteri pengganggu.

Memodifikasi Cahaya dan Kelembaban Taman Indoor

Tidak semua taman di perkantoran terletak di area terbuka. Beberapa kantor justru memilih taman indoor sebagai penambah keindahan interior. Membuat taman indoor menjadi tantangan tersendiri bagi penyedia jasa tukang taman. Pemilihan tanaman dan modifikasi iklim mikro harus dilakukan dengan cermat supaya hasil pengerjaan taman maksimal.

Tantangan yang umum dihadapi dalam membuat indoor garden tentunya adalah pencahayaan. Akan lebih mudah jika letak taman berdekatan dengan akses masuknya cahaya matahari. Tetapi jika area taman cukup tertutup maka perlu pencahayaan buatan agar tanaman tetap bisa melakukan aktivitas metabolisme dengan baik. Cahaya buatan ini bisa didapatkan dengan menggunakan lampu.

Lampu yang umum digunakan adalah Fluorescent, untuk tanaman berukuran kecil karena pencahayaannya terbatas. Compact Fluorescent, High intensity discharge (HID), dan LED. Untuk area taman yang lebih luas umumnya menggunakan grow light jenis LED. Lebih awet, tidak memancarkan panas berlebih, lebih terang jadi lebih pas untuk terapi tanaman meskipun harganya mahal.

Kelembaban dalam area indoor garden juga bisa dimodifikasi. Pada kondisi lingkungan yang kering bisa dilakukan dengan penyemprotan air secara berkala. Untuk skala kecil bisa menggunakan botol spray dengan nozzle yang halus, sehingga air yang dihasilkan berupa titik-titik embun. Membuat air mancur buatan dan memasang humidifier juga efektif meningkatkan kelembaban ruangan.

Air mancur buatan selain sebagai pelengkap dekorasi taman juga dapat menghasilkan embun air yang halus. Air ini akan meningkatkan kelembaban udara di sekitar air mancur. Tanaman di sekitarnya akan mendapat manfaat kelembaban alami untuk pertumbuhannya. Membuat air mancur lebih menghemat tenaga, tidak perlu penyemprotan atau penggantian air humidifier setiap hari.

Baca Juga >  Tips Mudah Memotong Rumput

Taman Rooftop

Taman di atap gedung saat ini mulai popular. Untuk gedung-gedung yang minim lahan hijau, taman di atap menjadi solusi. Meskipun letaknya di atap tetapi taman tetap memberikan manfaat bagi udara di sekitarnya. Area ini bisa dijadikan sebagai tempat istirahat bagi siapapun. Sekedar melepas penat setelah bekerja dan mendapat udara bersih.

Taman rooftop umumnya menggunakan area yang cukup luas dan lebih terbuka. Dalam membuat taman yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tanaman. Tukang taman tentu sudah mempertimbangkan jenis tanaman yang akan digunakan. Disesuaikan dengan kedalaman tanah yang digunakan. Untuk menutup permukaan tanah biasanya akan ditanam rumput jepang atau rumput gajah.

Tanaman berkayu bisa ditanam tetapi harus disesuaikan dengan ukuran tanaman. tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk naungan. Sehingga area taman bisa digunakan untuk bersantai dengan nyaman. Pucuk merah adalah salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan menghiasi taman rooftop. Tanaman ini berkayu tetapi ukurannya kecil sehingga bisa ditanam dalam pot.

Tanaman dataran rendah yang tahan dengan suhu panas bisa dimanfaatkan untuk menambah koleksi tanaman. Sansivera, selain berfungsi sebagai tanaman hias juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi polusi udara. Tanaman ini banyak digunakan untuk membantu menjaga kebersihan udara. Mampu menyerap kotoran debu yang terbawa dalam udara, asap rokok, asap kendaraan dan sebagainya.

Jika ingin menambah koleksi tanaman yang berasal dari dataran tinggi bisa menggunakan paranet untuk naungan. Tanaman dataran tinggi sangat identik dengan bunga warna-warni tetapi tidak tahan panas. Untuk memberikan lingkungan yang sejuk maka intensitas cahaya matahari harus dikurangi melalui pembuatan naungan di atasnya.

Di area taman rooftop bisa diberi gazebo atau kursi set untuk bersantai. Areanya cukup luas mampu menampung banyak pengunjung. Jadi tidak ada salahnya difungsikan sebagai tempat berkumpul untuk makan bersama, meeting dan sebagainya. Taman seperti ini banyak dibangun di hotel dan penginapan. Dan mulai banyak diaplikasikan di gedung-gedung perkantoran.

Baca Juga >  Tanah Yang Baik Untuk Tanaman

Tips Memilih Jasa Tukang Taman

Membuat taman untuk keperluan kantor memerlukan tukang yang sudah ahli dan berpengalaman. Taman nantinya dinikmati oleh orang banyak. Sebisa mungkin memberikan keindahan dan manfaat lain secara optimal. Tukang taman yang berpengalaman mudah dijumpai melalui situs internet. Lengkap dengan alamat kantor dan kontak person yang mudah dihubungi.

Tukang yang berpengalaman akan menawarkan harga yang masuk akal. Karena material yang dibutuhkan juga pastinya berkualitas. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Taman harus dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Kualitas pengerjaan dan material yang digunakan sangat berpengaruh terhadap usia taman.

Tukang taman profesional akan memberikan garansi. Selain membuat taman juga memberikan jasa pengelolaan secara berkala. Tukang taman berpengalaman seperti ini bisa Anda dapatkan di Jogja Tukang Taman. Segera hubungi kami untuk informasi pemesanan pembuatan taman. Dapatkan pelayanan maksimal jasa tukang taman berpengalaman dengan harga menarik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *