jasa-taman-jogja

3 Tanaman pagar untuk menghiasi taman rumah

tukang-taman-jogja

tukang taman jogja

Untuk mempercantik sebuah taman anda,mungkin ada baiknya kita selalu melakukan pemugaran tanaman secara berkala.Dengan hal ini,maka kita dapat mengatur dan mengganti jenis tanaman agar selalu update dengan perkembangan zaman modern.Memang taman adalah salah satu aspek dan titik yang selalu mendapat perhatian yang lebih.Mengingat taman adalah sumber keindahan dan kadang kala dapat mencitrakan kepribadian si pemilik rumah.

Salah satu jenis tanaman hias yang sering dijadikan sebagai pelengkap sebuah taman  adalah dari jenis tanaman pagar.Karena sebuah pagar rumah tidaklah harus menggunakan dinding atau besi,sebuah tanaman dapat dijadikan alternatif pilihan yang tepat.Disamping lebih fleksibel,tanaman hias lebih terkesan alami dan jauh dari kesan kaku.Pagar dari tanaman cantik bias menjadi solusi menarik dan keren bagi kamu ingin mendekorasi taman.

Tanaman pagar rumah terkini

Menjadikan rumah senyaman mungkin adalah prioritas yang harus diutamakan karena hal ini berhubungan sekali dengan tingkat kebahagiaan hidup anggota keluarga.Berikut ini kai rangkum beberapa jenis tanaman hias yang sering dijadikan sebagai tanaman pagar rumah.

  1. Pucuk Merah
jasa-taman-jogja

jasa taman jogja

Tanaman ini merupakan salah satu spesies tumbuhan yang berasal dari keluarga Genus Syzygium.Mengapa tanaman ini dinamakan dengan pucuk merah? Karena tunas daun ini jika sering dipotong atau pangkas akan terlihat warna merah menyala.Pucuk merah ini dikenal dengan tanaman perdu atau perindang karena dapat meghasilkan daun yang sangat lebat dan rimbun.Tanaman ini dapt tumbuh besar dengan diameter batang bias mencapai 30 cm dan tingginya bias mencapai 7-8 meteran lebih.

Manfaat Tanaman Pucuk Merah

Selain dapat menimbulkan kesan indah dan asri,tanaman ini juga memiliki beberapa manfaat yang belum banyak di ketahui orang.Berikut ini manfaat dari tanaman hias pucuk merah :

  • Sebagai pewarna makanan alami
  • Menjadi Antioksidan alami dan obat penyakit diabetes
  • Menambah unsur estetika pada halaman rumah
  • Sebagai pengharum ruangan
  • Dapat menyerap karbondioksida
  • Mencegah longsor dan pengikisan tanah

Itulah beberapa manfaat yang kita dapatkan jika kita menanam pucuk merah.Sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai salah satu tanaman hias pagar rumah.

  1. Bambu Jepang
jasa-taman-jogja

jasa taman jogja

Tanaman bambu bagi masyarakat Indonesia barang tentu sudah tidak begitu asing.Karena iklim di Negara kita adalah tropis maka tanaman bambu bisa tumbuh dan berkembang biak secara cepat.Tapi tumbuhan ini juga banyak ditemukan di daratan Asia,Amerika,Afrika dan Australia.Dengan nama latin Arrow Japanesse atau Pseudosasa Japanica.

Baca Juga >  Ini Dia,Manfaat Memiliki Taman Di Rumah

Bambu Jepang adalah salah satu jenis/spesies yang dapat digunakan sebagai media keindahan dan sekaligus dapat dimanfaatkan untuk dijadikan pagar rumah.Termasuk dalam kategori genus rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di setiang batangnya.Maka dari itu bambu jepang begitu diminati oleh para pecinta tanaman hias.

Manfaat dari bambu jepang

Bambu jepang memang memiliki banyak manfaat bagi manusia dan sering dijadikan sebagai penghias rumah agar terkesan lebih natural dan alami.Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman bambu jepang :

  • Daunnya dapat digunakan sebagai bahan dasar obat alternatif yang mana daunnya diracik menjadi jamu penurun demam.
  • Bambu ini berakar sangat kuat dan mengikat satu sama lain,maka hal ini dapat berguna untuk mencegah erosi dan pengikisan tanah yang disebabkan oleh air hujan.
  • Batangnya yang kecil serig dijadikan untuk berbagai keperluan terutama untuk dijadikan sebagai tanaman pagar di sepanjang tembok rumah atau di pinggir jalan.

 

  1. Cemara
jasa-taman-jogja

jasa taman jogja

Di bumi  ini terdapat ratusan puluhan dari jenis tanaman cemara,banyak terdapat pada daerah bagian selatan bumi salah satunya adalah di Indonesia.Tanaman ini termasuk jenis genus Casuarinaceae dan tergolong jenis tanaman yang batangnya sangat tinggi.Cemara adalah salah satu tanaman yang sangat mudah dalam segi perawatan maupun dalam segi penanaman.Karena cemara dapat hidup di iklim yang sangat kering sekalipun dan daunnya tidak mudah mongering maupun rontok.

Pohon cemara kadang selalu diidentikkan dengan nuansa natal bagi kaum nasrani karena sering dijadikan maskot pohon.Cemara ini juga sangat cocok untuk dimanfaatkan untuk hiasan dalam dekorasi rumah.Pohon cemara tumbuh dengan daun berwarna hijau tua dan sering disebut dengan pohon tusam karena kemiripan dari segi karakteristik daun maupun batang yang beruas.Padahal antara cemara dengan pohon tusam adalah 2 pohon yang berbeda.

Ciri Khas Pohon Cemara

Adapun tanaman ini mempunyai ciri khas yang sangat mencolok yang sangat membedakan dengan pohon-pohon yang lain,dan dibawah ini ciri-ciri yang dimiliki pohon cemara :

  • Batangnya sangat tinggi dan berkerucut
  • Daunnya ramping dan runcing
  • Warna daun hijau tua/gelap
  • Tidak dapat menghasilkan buah
  • Cabangnya sangat
Baca Juga >  Jasa Taman Jogja di Daerah Perkotaan

Manfaat Dari Pohon Cemara

Selain batangnya yang dapat dijadikan berbagai macam ornament dan furniture rumah tangga,masih banyak lagi manfaat dari pohon cemara.Berikut kami jelaskan segala kegunaannya :

  • Dapat meredakan gejala stress – Menurut banyak pakar ahli psikolog menyampaikan manfaat yang terkandung didalam pohon cemara yaitu meredakan dan meringankan gejala stress.
  • Mengatasi Bronkitis dan meredakan batuk – Bau yang dihasilkan dari pohon cemara disinyalir dapat menyegarkan udara yang telah terkontaminasi polusi dan dapat dijadikan sebagai obat dari batuk,sakit tenggorokan,sesak nafas,hingga bronchitis.Dikarenakan dapat diolah sebagai minyak cemara.
  • Mencegah cacingan – Hal ini adalah salah satu dari manfaat akar pohon cemara dan sering dijadikan sebagai obat tradisional secara turun menurun.
  • Mencegah Abrasi dan Erosi – Pohon cemara ini memang mempunyai jenis akar tunggang yang dapat menjalar dengan cepat dan besar,maka dengan menanamnya diharapkan akan dapat mencegah erosi tanah dan abrasi.
  • Sebagai pupuk kompos – Daun pohon cemara dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos alami sehingga dapat menyuburkan tanah yang semula gersang.
  • Kesehatan kulit – Vitamin yang terkandung didalamnya dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit dan menunda penuaan dini.

Jenis Cemara Kipas

Terdapat banyak spesies dari suku cemara yang tersebar diseluruh dunia ini,karena pohon ini sangat cocok tumbuh di segala cuaca dan tempat.Sehingga disetiap Negara memiliki jenis poho cemara yang beragam.Di bawah ini adalah contoh dari jenis pohon cemara :

  • Cemara Kipas – Bagi masyarakat Indonesia cemara kipas lebih dikenal dengan sebutan tanaman cakar ayam.Sangat cocok tumbuh di kondisi lingkungan yang agak lembap.
  • Cemara Norfolk – Sesuai dengan namanya tanaman ini memang berasal dari pulau Norfolk,yaitu salah satu pulau yang terletak di Samudera Pasifik.Mempunyai ciri cabang yang sangat simetris serta menyerupai bentuk jarum tumpul.
  • Cemara Udang – Jenis ini asli tanaman dari Indonesia dan berasal dari daerah Sumenep,Madura,Jawa Timur.Bercirikan daunnya runcing kecil-kecil dan terkesan sangat imut,pohonnya agak besar berbentuk berbonsai,warna hitam gelap dan kasar dan tentu saja bentuk pohonnya mirip binatang tertentu ,maka dari itu dinamakan cemara udang.
  • Cemara Pensil – Persebaran cemara ini meliputi kawasan Mediterania,dan spesies ini sering dijuluki dengan “draman tree” dikarenakan daunnya akan membungkuk jika tertiup angin.
  • Cemara Angin – Termasuk tanaman jenis cemara yang tersebar merata di daerah Indonesia.
  • Cemara Pua Pua – Merupakan anggota cemara yang punya keistimewaan sendiri,yaitu berdaun sangat cantik mirip tanduk rusa,Berdaun hijau tua dan dari segi perawatan tergolong sangat mudah dan berdaun tidak mudah rontok.
  • Cemara Buaya – Tumbuhan yang satu ini memiliki tingkat perkembangan menyamping bukan tumbuh keatas.Bagi yang hobi mengoleksi bonsai tidak ada salahnya jika cemara buaya bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik.Ukurannya hanya akan mencapai 10 cm – 30 cm.
  • Cemara Lilin – Lebih dikenal dengan nama cemara pecut,karena bentuknya mengerucut keatas seperti cambuk.Daunnya mengelompok dan pohonnya akan menjulang sampai 10 m lebih.
  • Cemara Renthes – Berdaun sangat lebat dan tinggi keatas serta tumbuh tidak beraturan.Salah satu keutamaan dari tanaman ini yakni dapat mengeluarkan bau harum mewangi.
  • Cemara Perak – Mempunyai daun berwarna keemasan sehingga itulah awal penamaannya.daunnya dapat memantulkan sinar matahari maka cahaya kemilau akan memancar dengan sangat indah.
  • Cemara Laut – Hal ini dikarenakan tanaman ini sering dijumpai di daerah pesisir pantai dan laut.Pohonnya berbatang lurus,tahan terhadap serbuan angin.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *