Ahli Buat Taman

Peran Jasa Ahli Buat Taman untuk Keindahan Taman Anda

Mencari seorang ahli buat taman memang tidak mudah. Tidak semua orang bisa menghasilkan desain taman yang bagus. Pengalaman dan ide unik sangat diperlukan untuk dapat membuat taman. Teknik pertamanan dipelajari secara khusus dalam pendidikan formal. Jadi dalam membuat taman bukan hanya asal menanam tanaman, unsur lain juga harus diperhatikan.

Kenapa perlu teknik khusus dalam membuat taman? Karena setiap tanaman memiliki ciri khas masing-masing. Kebutuhan lahan, media tanam, air dan nutrisi berbeda-beda tiap tanaman. Perlakuan masing-masing tanaman juga harus dibedakan. Beberapa tanaman bisa hidup dengan sedikit air tetapi ada juga yang memerlukan banyak air. Hal-hal seperti ini harus diperhatikan.

Ketersediaan Lahan Harus Diperhatikan dalam Membuat Taman

jasa taman Jogja

Seorang Ahli buat taman akan membuat desain sesuai dengan ketersediaan lahan. Hal ini sangat berhubungan dengan jenis tanaman yang akan digunakan. Besar kecilnya ukuran tanaman harus disesuaikan dengan luas lahan agar tampak rapi dan proporsional. Unsur lain seperti batu dan kolam juga akan menyesuaikan lahan yang ada.

Jika lahan yang tersedia luas, model taman apapun bisa mudah diaplikasikan. Model taman tropis lengkap dengan kolam dan pancuran akan sesuai. Di depan rumah atau di belakang sama-sama cantiknya. Jenis tanaman yang digunakan juga bisa lebih beragam. Mulai dari tanaman dalam pot maupun tanaman berkayu yang ditanam langsung di tanah.

Sebaliknya jika ketersediaan lahan terbatas. Maka harus betul-betul diperhitungkan jenis tanaman apa yang akan ditanam dan bagaimana tata letak yang benar. Sehingga komposisi setiap elemen yang ada di dalam taman proporsional. Letak lahan kosong juga mempengaruhi pemilihan tanaman. Di depan atau belakang rumah, tanaman yang digunakan akan berbeda.

Untuk perumahan tipe apartemen yang sama sekali tidak memiliki lahan tetap bisa dibuat taman. Indoor garden saat ini mulai banyak dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Menjadi solusi bagi penghuni apartemen yang tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam. Tanaman yang digunakan adalah yang tidak memerlukan banyak sinar matahari.

Tanaman sukulen seperti kaktus atau aglaonema sangat sesuai untuk indoor garden. Tidak memerlukan banyak cahaya matahari dengan perawatan yang cukup sederhana tetapi mampu menambah estetika dalam sebuah ruangan. Saat ini bahkan banyak dijual terrarium sebagai tanaman yang sesuai untuk rumah tipe apartemen.

Media tanam yang digunakan tidak memerlukan tanah dalam jumlah banyak. Sehingga area rumah tetap bersih. Lebih banyak digunakan media yang sudah dicampur nutrisi pupuk. Perawatan lebih mudah, penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari. Konsep seperti ini sangat cocok untuk penghuni apartemen yang tidak mau ribet.

Pentingnya Tema Taman

Tema dalam merancang taman sangat diperlukan. Pemilihan tema biasanya diserahkan kepada konsumen. Namun tetap pertimbangan dalam pembuatannya perlu dikonsultasikan dengan ahli buat taman yang sudah berpengalaman. Setiap orang pastinya ingin memiliki rumah sekaligus taman sesuai impian. Disesuaikan antara gaya rumah dengan tema taman yang akan dibuat.

Namun dalam pemilihan tema beberapa hal harus diperhatikan. Salah satunya adalah iklim atau cuaca rata-rata harian di daerah sekitar. Ada beberapa tema yang biasa diaplikasikan untuk rancangan taman. Tema taman tropis, taman tradisional, taman ala eropa, taman ala jepang, ala mediterania dan sebagainya.

Memilih tema taman tropis harus disesuaikan dengan iklim sekitar. Tidak bisa memaksakan pembuatan taman tropis di daerah yang udaranya cenderung kering dengan intensitas hujan yang rendah. Karena kondisi tanah akan sangat dipengaruhi oleh kelembaban di sekitarnya. Sedangkan jika melakukan penyiraman sebagai cara modifikasi iklim tidak cukup efektif.

Akibatnya pembuatan taman sesuai tema tropis akan sulit diwujudkan. Untuk daerah dengan udara kering dan intensitas hujan sangat rendah lebih cocok jika menggunakan tema taman mediterania. Pemilik rumah tidak perlu repot melakukan perawatan secara intensif dengan menyirami setiap hari. Karena tanaman yang digunakan di tema mediterania adalah tanaman untuk daerah kering.

Warna menjadi elemen penting dalam menentukan sebuah tema. Warna-warna pastel seperti coral dan terakota yang didapat dari bebatuan sangat sesuai untuk menegaskan tema mediterania. Warna hijau dari tanaman dan rumput yang menutup permukaan tanah sangat identik dengan tema taman tropis yang segar dan sejuk.

Jenis Tanaman untuk Taman

jasa taman Jogja

Jenis tanaman yang dipilih untuk mendesain sebuah taman tidak bisa dilakukan asal-asalan. Tidak hanya menuruti keinginan dan selera pemilik rumah. Tetapi perlu disesuaikan dengan tema taman yang dibuat. Sehingga taman nantinya tampak harmoni dengan porsi masing-masing elemen yang pas. Contohnya untuk pemilihan tema taman Jepang, umumnya menggunakan sakura.

Karena di Indonesia tidak mudah menumbuhkan tanaman sakura, bisa diganti dengan tanaman tabebuya yang memiliki bunga tak kalah indah dengan sakura. Selain itu taman jepang juga banyak dihiasi dengan bonsai. Baik ditanam di pot ataupun sengaja ditumbuhkan langsung di media tanah. Bonsai menegaskan kesan budaya Jepang pada rumah.

Tema tropis lebih banyak tanaman yang bisa digunakan. Tanaman berkayu maupun perdu bisa diaplikasikan dalam taman. Yang paling sering digunakan adalah palem dan pakis. Selain itu dalam tema tropis digunakan rumput untuk menutupi permukaan tanah. Sedikit menggunakan batu untuk menutup tanah. Tema tropis memiliki warna utama yang hijau.

Tema tropis sendiri dibedakan menurut kondisi ketinggian daerah. Untuk daerah dataran tinggi umumnya digunakan tanaman hias khas dataran tinggi. Tanaman akan tumbuh dengan optimal karena kebutuhan hidupnya terpenuhi. Tanaman dataran tinggi lebih banyak bunga-bunga. Perawatan lebih mudah, tanpa perlakuan khusus tanaman tetap dapat tumbuh dan berkembang.

Sebaliknya untuk dataran rendah, tidak bisa memaksakan menanam tanaman khas dataran tinggi. Meskipun tanaman dataran tinggi lebih beragam dan menarik, tetapi tidak cocok ditumbuhkan di dataran rendah. Perbedaan kelembaban tanah dan udara, tekanan udara dan suhu sangat berpengaruh bagi pertumbuhan tanaman.

Pentingnya Menggunakan Jasa Orang yang Ahli Buat Taman

Melihat hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat taman tersebut akan lebih mudah dan praktis jika diserahkan kepada ahlinya. Agar taman yang dihasilkan lebih indah dan bertahan lama. Ahli taman lebih banyak berpengalaman karena memiliki bekal ilmu khusus dalam hal pertamanan. Dalam pengerjaannya lebih detail dan terkonsep dengan baik.

Selain itu ahli taman memiliki pengalaman yang lebih banyak dalam mengerjakan pembuatan dan pengelolaan taman. Trial and error sudah banyak ditemui. Sehingga jika menggunakan jasa ahli taman akan lebih maksimal. Mengerjakan pembuatan taman sendiri akan lebih menyita banyak waktu, tenaga dan biaya. Dengan hasil yang belum tentu sesuai harapan.

Ahli taman sudah memiliki perhitungan yang matang sesuai dengan budget konsumen. Sehingga hasilnya lebih bisa dipertanggung jawabkan. Ahli taman akan memberikan jaminan hasil pekerjaan yang dihasilkannya. Konsumen hanya perlu mengikuti petunjuk pemeliharaan selanjutnya. Atau bisa menggunakan jasa pengelolaan taman secara berkala.

Informasi mengenai jasa pembuatan taman profesional bisa Anda dapatkan di Jogja Tukang Taman. Anda tidak perlu membuang banyak tenaga, biaya dan waktu untuk mendesain dan membuat taman sendiri. Segera hubungi kami untuk info lebih lengkap mengenai pemesanan. Kebutuhan estetika rumah Anda akan diwujudkan dengan ahli buat taman berpengalaman.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *